RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
1.
Identitas
Sekolah : SMP Negeri 4 Kota Besi
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester :
VII/ 1
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
2.
Standar Kompetensi
1.
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan
menggunakan peralatan
3. Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan besaran pokok
dan besaran turunan beserta satuannya
4.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mengidentifikasikan
besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari lalu mengelompokkannya dalam
besaran pokok dan turunan
2.
Menggunakan
satuan Internasional dalam pengukuran
3.
Mengkonversi
satuan panjang, massa, dan waktu secara sederhana
4.
Menggunakan
besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari
5.
TujuanPembelajaran
Setelah mempelajari
materi ini, diharapkan:
1.
Peserta
didik dapat mengidentifikasi besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari
dan mengelompokkannya dalam besaran pokok dan turunan
2.
Menggunakan
satuan Internasional dalam pengukuran
3.
Mengkonversi
satuan panjang, massa, dan waktu secara sederhana
4.
Menggunakan
besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari
6.
Materi Pembelajaran
Besaran dan Satuan
7.
MetodePembelajaran
1.
Diskusi
2.
Observasi
3.
Ceramah
8.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2x40’)
a.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Mengucapkan
salam (Perhatian)
2.
Berdoa sebelum
kegiatan belajar dimulai (Religius)
3.
Mengecek
kesiapan peserta didik dan melakukan presensi kehadiran (Disiplin)
4.
Menyampaikan
SK, KD, dan tujuan pembelajaran (Perhatian, Disiplin)
5.
Apersepsi
Mencari
informasi tentang besaran dan satuannya
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Memberikan pertanyaan yang
menggugah rasa ingin tahu peserta didik tentang besaran yang ditemui sehari-hari
serta satuan yang sesuai untuk besaran tersebut
§ Elaborasi
1)
Guru
memberikan penjelasan mengenai besaran dan satuan serta memberikan contohnya
2) Peserta didik mendiskusikan tentang
penggunaan besaran dan satuan dalam kehidupannya sehari-hari
3) Peserta didik bersikap santun dan demokratis
dalam diskusi, seperti: menghargai setiap
pendapat; tidak memaksakan kehendak; mengajukan pendapat/ide dengan santun;
menerimakesepakatanhasildiskusi (Santun, Demokratis)
4)
Peserta didik menunjukkan perilaku mempertahankan hasil
diskusi melalui argumentasi (Bertanggungjawab, Demokratis)
5) Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada
peserta didik terkait materi yang baru disampaikan, contoh 1000 gram = ... kg
§ Konfirmasi
1)
Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi dan menanamkan
konsep-konsep penting, contohnya besaran panjang, massa, dan waktu memiliki
satuan internasional yaitu meter, kilogram, dan sekon
2)
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
3)
Guru menanyakan tentang pengertian
besaran dan satuan, serta contoh dari besaran panjang, massa, dan waktu
4)
Guru menanyakan tentang
tangga konversi dan contoh penggunaannya
c. Kegiatan Penutup
1)
Peserta didik menyimpulkan materi tentang besaran dan satuan dengan memperhatikan masukan dari guru
2)
Memberikan tugas rumah
kepada peserta didik untuk lebih memperdalam pemahaman tentang tangga konversi
dan besaran turunan
9.
SumberBelajar
1.
Modul
IPA kelas VII
10. Penilaian
a.
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Aspek Yang Dinilai
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
ContohInstrumen
|
|
Kognitif
|
· Tes tertulis
· Tes wawancara
|
· Lembar observasi
· Pilihan ganda
· Uraian singkat
|
1.
Apa
yang dimaksud besaran dan satuan
2.
Tentukan
satuan internasional untuk besaran panjang, massa, dan waktu!
|
Psikomotor
|
TesPraktik
|
Lembar penilaian kinerja
|
1. Keaktifan peserta didik dalam menyampaikan
pendapat
2. Keaktifan peserta didik dalam bertanya
3. Keaktifan peserta didik dalam menjawab pertanyaan
yang diajukan
4. Keaktifan peserta didik dalam melakukan observasi
|
Afektif
|
TesPraktik
|
Lembar penilaian kinerja
|
1.
Sopan
santun dalam KBM
2.
Kerapian
pakaian dan aksesoris
3.
Kedisiplinan
dalam KBM
4.
Kemandirian
dalam KBM
5.
Menjaga
kebersihan lingkungan
6.
Ketertiban
dalam pelaksanaan KBM
7.
Mentaati aturan diskusi seperti mengacungkan tangan
sebelum memberikan pendapat
8.
Menghargai/ tidak mencela pendapat teman yang
kurang tepat
9.
Memberi kesempatan semua anggota kelompok untuk mengajukan
pendapat/ tidak memonopoli diskusi
10. Tidak memaksakan
kehendak/ memaksa kelompok untuk menerima pendapatnya
11. Menunjukkan sikap
mau menerima hasil diskusi kelompok
|
b.
Rubrik Penilaian
(PedomanPenskoran)
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Kriteria/kuncijawaban
|
Skor
|
Bobot
|
1
|
Kognitif
|
1.
Peserta
didik dapat menjelaskan tentang besaran dan satuan
2.
Peserta
didik dapat menentukan satuan internasional untuk besaran panjang, massa, dan
waktu!
|
100
|
30%
|
2
|
Psikomotor
|
Dapat memenuhi
semua kriteria
|
100
|
30%
|
3
|
Afektif
|
Dapat memenuhi
semua kriteria
|
100
|
40%
|
Nilai
= (Jumlah Skor : Skor Maksimal) x 100
|
||||
Nilai
Bobot = Nilai X Prosentase bobot nilai
|
||||
Nilai
Akhir = Jumlah Nilai Bobot Kognitif + Psikomotor + Afektif
|
Mengetahui,
Kepala
SMP Negeri 4 Kota
Besi,
Drs. SISWANTO
NIP. 19620507 199309 1
001
|
Sampit, 26 Juni 2015
Guru Mata
Pelajaran,
RIA
ROCHMI SAFITRI, S.Pd.Si
NIP. 19880423 201503 2 002
|
Posting Komentar