RPP IPA KTSP KELAS 7



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


1.   Identitas
Sekolah                                              : SMP Negeri 4 Kota Besi
Mata Pelajaran                                   : IPA
Kelas/Semester                                  : VII/ 1
Alokasi Waktu                                  : 2 x 40 menit

2.  Standar Kompetensi
1.        Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan

3.  Kompetensi Dasar
1.1.   Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

4.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.        Mengidentifikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari lalu mengelompokkannya dalam besaran pokok dan turunan
2.        Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
3.        Mengkonversi satuan panjang, massa, dan waktu secara sederhana
4.        Menggunakan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari

5.     TujuanPembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan:
1.        Peserta didik dapat mengidentifikasi besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari dan mengelompokkannya dalam besaran pokok dan turunan
2.        Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
3.        Mengkonversi satuan panjang, massa, dan waktu secara sederhana
4.        Menggunakan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari

6.     Materi Pembelajaran
Besaran dan Satuan

7.     MetodePembelajaran
1.        Diskusi
2.        Observasi
3.        Ceramah

8.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2x40’)
a.   Kegiatan Pendahuluan
1.        Mengucapkan salam (Perhatian)
2.        Berdoa sebelum kegiatan belajar dimulai (Religius)
3.        Mengecek kesiapan peserta didik dan melakukan presensi kehadiran (Disiplin)
4.        Menyampaikan SK, KD, dan tujuan pembelajaran (Perhatian, Disiplin)
5.        Apersepsi
Mencari informasi tentang besaran dan satuannya
b.  Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Memberikan pertanyaan yang menggugah rasa ingin tahu peserta didik tentang besaran yang ditemui sehari-hari serta satuan yang sesuai untuk besaran tersebut
§  Elaborasi
1)       Guru memberikan penjelasan mengenai besaran dan satuan serta memberikan contohnya
2)       Peserta didik mendiskusikan tentang penggunaan besaran dan satuan dalam kehidupannya sehari-hari
3)       Peserta didik bersikap santun dan demokratis dalam diskusi, seperti: menghargai setiap pendapat; tidak memaksakan kehendak; mengajukan pendapat/ide dengan santun; menerimakesepakatanhasildiskusi (Santun, Demokratis)
4)       Peserta  didik menunjukkan perilaku mempertahankan hasil diskusi melalui argumentasi (Bertanggungjawab, Demokratis)
5)       Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang baru disampaikan, contoh 1000 gram = ... kg
§  Konfirmasi
1)       Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi dan menanamkan konsep-konsep penting, contohnya besaran panjang, massa, dan waktu memiliki satuan internasional yaitu meter, kilogram, dan sekon
2)       Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
3)       Guru menanyakan tentang pengertian besaran dan satuan, serta contoh dari besaran panjang, massa, dan waktu
4)       Guru menanyakan tentang tangga konversi dan contoh penggunaannya
c.   Kegiatan Penutup
1)       Peserta didik menyimpulkan materi tentang besaran dan satuan dengan memperhatikan masukan dari guru
2)       Memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk lebih memperdalam pemahaman tentang tangga konversi dan besaran turunan

9.     SumberBelajar
1.        Modul IPA kelas VII

10.  Penilaian
a.        Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Aspek Yang Dinilai
Penilaian
Teknik
BentukInstrumen
ContohInstrumen
Kognitif
·   Tes tertulis
·   Tes wawancara

·      Lembar observasi
·      Pilihan ganda
·      Uraian singkat
1.        Apa yang dimaksud besaran dan satuan
2.        Tentukan satuan internasional untuk besaran panjang, massa, dan waktu!
Psikomotor
TesPraktik

Lembar penilaian kinerja
1.     Keaktifan peserta didik dalam menyampaikan pendapat
2.     Keaktifan peserta didik dalam bertanya
3.     Keaktifan peserta didik dalam menjawab pertanyaan yang diajukan
4.     Keaktifan peserta didik dalam melakukan observasi
Afektif
TesPraktik

Lembar penilaian kinerja
1.        Sopan santun dalam KBM
2.        Kerapian pakaian dan aksesoris
3.        Kedisiplinan dalam KBM
4.        Kemandirian dalam KBM
5.        Menjaga kebersihan lingkungan
6.        Ketertiban dalam pelaksanaan KBM
7.        Mentaati aturan diskusi seperti mengacungkan tangan sebelum memberikan pendapat
8.        Menghargai/ tidak mencela pendapat teman yang kurang tepat
9.        Memberi kesempatan semua anggota kelompok untuk mengajukan pendapat/  tidak memonopoli diskusi
10.     Tidak memaksakan kehendak/ memaksa kelompok untuk menerima pendapatnya
11.     Menunjukkan sikap mau menerima hasil diskusi kelompok

b.        Rubrik Penilaian (PedomanPenskoran)
No
Aspek Yang Dinilai
Kriteria/kuncijawaban
Skor
Bobot
 1
Kognitif
1.        Peserta didik dapat menjelaskan tentang besaran dan satuan
2.        Peserta didik dapat menentukan satuan internasional untuk besaran panjang, massa, dan waktu!
100
30%
 2
Psikomotor
Dapat memenuhi semua kriteria
100
30%
 3
Afektif
Dapat memenuhi semua kriteria
100
40%
Nilai =  (Jumlah Skor : Skor Maksimal) x 100
Nilai Bobot = Nilai X Prosentase bobot nilai
Nilai Akhir = Jumlah Nilai Bobot Kognitif + Psikomotor + Afektif

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 4 Kota Besi,



Drs. SISWANTO
NIP. 19620507 199309 1 001

Sampit, 26 Juni 2015
Guru Mata Pelajaran,



RIA ROCHMI SAFITRI, S.Pd.Si
NIP. 19880423 201503 2 002

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget