RPP IPA KTSP 2 KELAS 7



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


1.     Identitas
Sekolah                                                        : SMP Negeri 4 Kota Besi
Mata Pelajaran                                : IPA
Kelas/Semester                                : VII/ 1
Alokasi Waktu                                : 4 x 40 menit

2.     Standar Kompetensi
1.        Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan

3.     Kompetensi Dasar
1.1.   Mendeskripsi-kan pengertian suhu dan pengukurannya

4.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.        Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
2.        Membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer yang lain

5.     TujuanPembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan:
1.        Peserta didik dapat menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
2.        Peserta didik dapat membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer yang lain

6.     Materi Pembelajaran
Suhu

7.     MetodePembelajaran
1.        Diskusi
2.        Observasi
3.        Ceramah

8.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2x40’)
a.   Kegiatan Pendahuluan
1.        Mengucapkan salam (Perhatian)
2.        Berdoa sebelum kegiatan belajar dimulai (Religius)
3.        Mengecek kesiapan peserta didik dan melakukan presensi kehadiran (Disiplin)
4.        Menyampaikan SK, KD, dan tujuan pembelajaran (Perhatian, Disiplin)
5.        Apersepsi
Mencari informasi tentang cara menggunakan termometer
b.  Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Memberikan pertanyaan yang menggugah rasa ingin tahu peserta didik tentang termometer dan jenis-jenis termometer
§  Elaborasi
1)       Guru memberikan penjelasan mengenai termometer, jenis-jenis termometer, dan satuan yang biasa digunakan untuk menentukan suhu suatu benda
2)       Peserta didik mendiskusikan tentang penentuan suhu suatu benda dengan beberapa macam satuan suhu
3)       Peserta didik bersikap santun dan demokratis dalam diskusi, seperti: menghargai setiap pendapat; tidak memaksakan kehendak; mengajukan pendapat/ide dengan santun; menerima kesepakatan hasil diskusi (Santun, Demokratis)
4)       Peserta  didik menunjukkan perilaku mempertahankan hasil diskusi melalui argumentasi (Bertanggungjawab, Demokratis)
5)       Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang baru disampaikan, contoh 250C = ... 0R
§  Konfirmasi
1)       Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi dan menanamkan konsep-konsep penting, contohnya untuk menentukan suhu suatu benda, perhitungan bisa dilakukan dengan menggunakan perbandingan antara Celcius : Reamur : Fahrenheit = 5 : 4 : 9
2)       Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
3)       Guru menanyakan tentang penentuan suhu suatu benda dengan menggunakan beberapa macam satuan suhu
c.   Kegiatan Penutup
1)       Peserta didik menyimpulkan materi tentang termometer dan penggunaan beberapa macam satuan suhu
2)       Meminta peserta didik untuk lebih memperdalam pemahaman tentang satuan suhu

Pertemuan 2 (2x40’)
a.   Kegiatan Pendahuluan
1.        Mengucapkan salam (Perhatian)
2.        Berdoa sebelum kegiatan belajar dimulai (Religius)
3.        Mengecek kesiapan peserta didik dan melakukan presensi kehadiran (Disiplin)
4.        Menyampaikan SK, KD, dan tujuan pembelajaran (Perhatian, Disiplin)
5.        Apersepsi
Mengingatkan kembali tentang termometer dan satuan suhu
b.  Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Memberikan pertanyaan yang menggugah rasa ingin tahu peserta didik tentang satuan suhu secara internasional
§  Elaborasi
1)       Guru memberikan penjelasan mengenai satuan suhu secara internasional dan cara mengkonversikannya
2)       Peserta didik melakukan percobaan menentukan suhu suatu benda
3)       Peserta didik bersikap jujur, teliti dan rapi dalam melakukan percobaan  (Jujur)
4)       Peserta  didik menunjukkan perilaku mempertahankan hasil diskusi melalui argumentasi berdasarkan hasil percobaan (Bertanggungjawab, Demokratis)
5)       Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang baru disampaikan, contoh bagaimana cara menentukan suhu suatu benda
6)       Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang baru disampaikan, contoh 250C = ... 0R = ... K
§  Konfirmasi
1)       Guru memberikan penguatan terhadap hasil percobaan dan menanamkan konsep-konsep penting, contohnya satuan suhu secara internasional adalah kelvin
2)       Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
3)       Guru menanyakan tentang penentuan suhu suatu benda, satuan internasional untuk suhu dan cara mengkonversikannya
c.   Kegiatan Penutup
1)       Peserta didik menyimpulkan materi tentang penentuan suhu suatu benda dengan memperhatikan masukan dari guru
2)       Memberi tugas peserta didik untuk dapat mengkonversikan beberapa satuan suhu

9.     SumberBelajar
a.        Modul IPA kelas VII

10.  Penilaian
a.        Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Aspek Yang Dinilai
Penilaian
Teknik
BentukInstrumen
ContohInstrumen
Kognitif
·   Tes tertulis
·   Tes wawancara

·      Lembar observasi
·      Pilihan ganda
·      Uraian singkat
1.        20 0R = … 0C = …0F = …K
Psikomotor
TesPraktik

Lembar penilaian kinerja
1.     Keaktifan peserta didik dalam menyampaikan pendapat
2.     Keaktifan peserta didik dalam bertanya
3.     Keaktifan peserta didik dalam menjawab pertanyaan yang diajukan
4.     Keaktifan peserta didik dalam melakukan observasi
Afektif
TesPraktik

Lembar penilaian kinerja
1.        Sopan santun dalam KBM
2.        Kerapian pakaian dan aksesoris
3.        Kedisiplinan dalam KBM
4.        Kemandirian dalam KBM
5.        Menjaga kebersihan lingkungan
6.        Ketertiban dalam pelaksanaan KBM
7.        Mentaati aturan diskusi seperti mengacungkan tangan sebelum memberikan pendapat
8.        Menghargai/ tidak mencela pendapat teman yang kurang tepat
9.        Memberi kesempatan semua anggota kelompok untuk mengajukan pendapat/  tidak memonopoli diskusi
10.     Tidak memaksakan kehendak/ memaksa kelompok untuk menerima pendapatnya
11.     Menunjukkan sikap mau menerima hasil diskusi kelompok

















b.        Rubrik Penilaian (Pedoman Penskoran)
No
Aspek Yang Dinilai
Kriteria/kuncijawaban
Skor
Bobot
 1
Kognitif
Peserta didik dapat mengkonversi nilai suhu dengan berbagai macam termometer
100
30%
 2
Psikomotor
Dapat memenuhi semua kriteria
100
30%
 3
Afektif
Dapat memenuhi semua kriteria
100
40%
Nilai =  (Jumlah Skor : Skor Maksimal) x100
Nilai Bobot    = Nilai X Prosentase bobot nilai
Nilai Akhir    = Jumlah Nilai Bobot Kognitif + Psikomotor + Afektif


                                                                                                               
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 4 Kota Besi,



Drs. SISWANTO
NIP. 19620507 199309 1 001

Sampit, 26 Juni 2015
Guru Mata Pelajaran,



RIA ROCHMI SAFITRI, S.Pd.Si
NIP. 19880423 201503 2 002

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget