RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
1.
Identitas
Sekolah : SMP Negeri 4 Kota Besi
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester :
VII/ 1
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
2.
Standar Kompetensi
1.
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan
menggunakan peralatan
3.
Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsi-kan pengertian suhu dan
pengukurannya
4.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Menggunakan
termometer untuk mengukur suhu zat
2.
Membandingkan
skala termometer Celsius dengan termometer yang lain
5.
TujuanPembelajaran
Setelah
mempelajari materi ini, diharapkan:
1.
Peserta
didik dapat menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
2.
Peserta
didik dapat membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer yang lain
6.
Materi Pembelajaran
Suhu
7.
MetodePembelajaran
1.
Diskusi
2.
Observasi
3.
Ceramah
8.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2x40’)
a.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Mengucapkan
salam (Perhatian)
2.
Berdoa
sebelum kegiatan belajar dimulai (Religius)
3.
Mengecek
kesiapan peserta didik dan melakukan presensi kehadiran (Disiplin)
4.
Menyampaikan
SK, KD, dan tujuan pembelajaran (Perhatian, Disiplin)
5.
Apersepsi
Mencari
informasi tentang cara menggunakan termometer
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Memberikan pertanyaan yang
menggugah rasa ingin tahu peserta didik tentang termometer dan jenis-jenis
termometer
§ Elaborasi
1) Guru memberikan penjelasan mengenai termometer,
jenis-jenis termometer, dan satuan yang biasa digunakan untuk menentukan suhu
suatu benda
2)
Peserta
didik mendiskusikan tentang penentuan suhu suatu benda dengan beberapa macam
satuan suhu
3)
Peserta
didik bersikap santun dan demokratis dalam diskusi, seperti: menghargai setiap pendapat; tidak memaksakan kehendak; mengajukan
pendapat/ide dengan santun; menerima kesepakatan hasil diskusi (Santun,
Demokratis)
4) Peserta
didik menunjukkan perilaku mempertahankan hasil diskusi melalui
argumentasi (Bertanggungjawab, Demokratis)
5)
Guru
memberikan
pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang baru disampaikan,
contoh 250C = ... 0R
§ Konfirmasi
1)
Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi dan menanamkan
konsep-konsep penting, contohnya untuk menentukan suhu suatu benda, perhitungan
bisa dilakukan dengan menggunakan perbandingan antara Celcius : Reamur : Fahrenheit = 5 : 4 : 9
2)
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
3)
Guru menanyakan tentang penentuan
suhu suatu benda dengan menggunakan beberapa macam satuan suhu
c. Kegiatan Penutup
1)
Peserta didik menyimpulkan materi tentang termometer dan penggunaan beberapa macam satuan suhu
2)
Meminta peserta didik untuk
lebih memperdalam pemahaman tentang satuan suhu
Pertemuan 2 (2x40’)
a.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Mengucapkan
salam (Perhatian)
2.
Berdoa
sebelum kegiatan belajar dimulai (Religius)
3.
Mengecek
kesiapan peserta didik dan melakukan presensi kehadiran (Disiplin)
4.
Menyampaikan
SK, KD, dan tujuan pembelajaran (Perhatian, Disiplin)
5.
Apersepsi
Mengingatkan kembali tentang termometer dan
satuan suhu
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Memberikan pertanyaan yang
menggugah rasa ingin tahu peserta didik tentang satuan suhu secara internasional
§ Elaborasi
1) Guru memberikan penjelasan mengenai satuan
suhu secara internasional dan cara mengkonversikannya
2)
Peserta
didik melakukan percobaan menentukan suhu suatu benda
3)
Peserta
didik bersikap jujur, teliti dan rapi dalam melakukan percobaan (Jujur)
4) Peserta
didik menunjukkan perilaku mempertahankan hasil diskusi melalui
argumentasi berdasarkan hasil percobaan (Bertanggungjawab, Demokratis)
5)
Guru
memberikan
pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang baru
disampaikan, contoh bagaimana cara menentukan suhu suatu benda
6)
Guru
memberikan
pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang baru
disampaikan, contoh 250C = ... 0R = ... K
§ Konfirmasi
1)
Guru memberikan penguatan terhadap hasil percobaan dan menanamkan
konsep-konsep penting, contohnya satuan suhu secara internasional adalah kelvin
2)
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
3)
Guru menanyakan tentang penentuan
suhu suatu benda, satuan internasional untuk suhu dan cara mengkonversikannya
c. Kegiatan Penutup
1)
Peserta didik menyimpulkan materi tentang penentuan suhu suatu benda dengan memperhatikan masukan dari
guru
2)
Memberi tugas peserta didik untuk dapat mengkonversikan beberapa satuan
suhu
9.
SumberBelajar
a.
Modul
IPA kelas VII
10. Penilaian
a.
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Aspek Yang Dinilai
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
ContohInstrumen
|
|
Kognitif
|
· Tes tertulis
· Tes wawancara
|
· Lembar observasi
· Pilihan ganda
· Uraian singkat
|
1.
20 0R
= … 0C = …0F = …K
|
Psikomotor
|
TesPraktik
|
Lembar penilaian
kinerja
|
1. Keaktifan peserta didik dalam menyampaikan
pendapat
2. Keaktifan peserta didik dalam bertanya
3. Keaktifan peserta didik dalam menjawab
pertanyaan yang diajukan
4. Keaktifan peserta didik dalam melakukan
observasi
|
Afektif
|
TesPraktik
|
Lembar penilaian
kinerja
|
1.
Sopan
santun dalam KBM
2.
Kerapian
pakaian dan aksesoris
3.
Kedisiplinan
dalam KBM
4.
Kemandirian
dalam KBM
5.
Menjaga
kebersihan lingkungan
6.
Ketertiban
dalam pelaksanaan KBM
7.
Mentaati aturan diskusi seperti mengacungkan
tangan sebelum memberikan pendapat
8.
Menghargai/ tidak mencela pendapat teman yang
kurang tepat
9.
Memberi kesempatan semua anggota kelompok untuk
mengajukan pendapat/ tidak memonopoli
diskusi
10. Tidak memaksakan
kehendak/ memaksa kelompok untuk menerima pendapatnya
11. Menunjukkan
sikap mau menerima hasil diskusi kelompok
|
b.
Rubrik Penilaian
(Pedoman Penskoran)
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Kriteria/kuncijawaban
|
Skor
|
Bobot
|
1
|
Kognitif
|
Peserta didik
dapat mengkonversi nilai suhu dengan berbagai macam termometer
|
100
|
30%
|
2
|
Psikomotor
|
Dapat memenuhi
semua kriteria
|
100
|
30%
|
3
|
Afektif
|
Dapat memenuhi
semua kriteria
|
100
|
40%
|
Nilai
= (Jumlah Skor : Skor Maksimal) x100
|
||||
Nilai
Bobot = Nilai X Prosentase bobot
nilai
|
||||
Nilai
Akhir = Jumlah Nilai Bobot Kognitif
+ Psikomotor + Afektif
|
Mengetahui,
Kepala
SMP Negeri 4 Kota
Besi,
Drs. SISWANTO
NIP. 19620507 199309 1
001
|
Sampit, 26 Juni 2015
Guru Mata
Pelajaran,
RIA
ROCHMI SAFITRI, S.Pd.Si
NIP. 19880423 201503 2 002
|
Posting Komentar